Search

Content

Tiga Industri Masa Depan

Pemerintah menetapkan tiga industri menjadi industri masa depan, yakni komunikasi dan telekomunikasi, agrobisnis, dan transportasi. Untuk mengembangkan ketiga industri tersebut, Kemenperin dan Komite Inovasi Nasional (KIN) bekerja sama untuk membuat lembaga riset dan pengembangan (research and development/R and D).

"Sampai 2025, tiga itu yang menjadi industri masa depan dan harus didukung suatu lembaga riset. Dunia usaha industri bergantung pada lembaga riset ini yang nanti akan mengusulkan inovasi-inovasi baru," ujar Menteri Perindustrian MS Hidayat di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Kamis (12/1).

Menurutnya, lembaga riset sangat penting untuk menjaga keberlangsungan industri. Penemuan-penemuan baru yang dihasilkan lembaga ini akan menopang perkembangan dan pertumbuhan industri. "Jadi harus ada penemuan baru, model-model baru. Misalnya mobil yang berganti-ganti," kata dia.

KIN akan membuat insitusi yang disebut pusat riset nasional, yakni institusi yang nantinya menjadi legalitas bagi pembiayaan dari pemerintah maupun industri swasta dan BUMN yang mau menyisihkan dananya untuk riset dan pengembangan.

"Itu bisa kalau ada ketentuan pemerintah yakni tidak dipajakin. Itu gunanya riset. Hanya negara-negara dengan R and D-nya kuat yang membuat industrinya maju," tegas Hidayat

http://metrotvnews.com/ekonomi/news/2012/01/12/78327/Pemerintah-Tetapkan-Tiga-Industri-Masa-Depan 

0 komentar:

Posting Komentar